Rabu, 18 Juni 2014

LAPORAN PENENTUAN KADAR Ca SEBAGAI CaCO3


PENENTUAN KADAR Ca SEBAGAI CaCO3

  1. TUJUAN
Penentuan kadar Ca dalam sampel secara gravimetri.

  1. METODE
Permanganometri

    III. PRINSIP KERJA
 
Ca diendapkan sebagai Ca-Oksalat dengan menambahkan ammonium Oksalat 4 % pada larutan HCl panas, kemudian ditimbang sebagai Ca-Oksalat monohidrat.

    IV. REAKSI

CaCl2 + 2(NH4)Cl ------ CaC2O4 + 2(NH4)Cl
CaC2O4 ---- CaCO3 + CO

  1. DASAR TEORI
Gravimetri merupakan cara pemeriksaan jumlah zat yang paling tua dan yang paling sederhana dibandingkan dengan cara pemeriksaan kimia lainnya. Analisis gravimetri adalah analisis kuantitatif berdasarkan berat tetap (berat konstan)-nya. Dalam analisis ini, unsur atau senyawa yang dianalisis dipisahkan dari sejumlah bahan yang dianalisis. Bagian terbesar analisis gravimetri menyangkut perubahan unsur atau gugus dari senyawa yang dianalisis menjadi senyawa lain yang murni dan mantap (stabil), sehingga dapat diketahui beratnya tetapnya. Berat unsur atau gugus yang dianalisis selanjutnya dihitung dari rumus senyawa atau berat atom penyusunnya. Suatu metode analisis gravimetri didasarkan pada reaksi kimia seperti:
aA + rR → AaRr
yang mana sejumlah a analit A akan beraksi dengan sejumlah r pereaksi R membentuk produk AaRr yang biasanya merupakan suatu senyawa yang sangat sedikit larut dan dapat ditimbang setelah pengeringan, atau produk tersebut dapat dibakar menjadi senyawa lain yang komposisinya diketahui untuk kemudian ditimbang. Biasanya reagen atau pereaksi (R) yang ditambahkan adalah berlebihan untuk menekan kelarutan endapan. Supaya analisis gravimetri berhasil, maka persyaratan berikut harus dipenuhi, yakni (a) proses pemisahan analit yang dituju harus berlangsung secara sempurna sehingga banyaknya analit yang tidak terendapkan secara analitis tidak terdeteksi; (b) zat yang akan ditimbang harus murni atau mendekati murni dan mempunyai susunan yang pasti. Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan kesalahan yang besar.
(Rohman, 2007)

Analisis gravimetri adalah proses isolasi dan pengukuran berat suatu unsur atau senyawa tertentu. Bagian terbesar dari penentuan secara analisis gravimetri meliputi transformasi unsur atau radikal senyawa murni stabil yang dapat segera diubah menjadi bentuk yang dapat ditimbang dengan teliti. Sehingga dapat diketahui massa tetapnya. Dalam analisa gravimetri perlu ditambahkan suatu reagen spesifik untuk memperoleh pengendapan yang baik. Dalam hal ini terdapat dua macam reagen spesifik yang diantaranya adalah reagen organic dan reagen anorganik.
Pada reagen anorganik terdapat beberapa kelebihan yaitu produk yang dihasilkan selalu atau sering menghasilakn warna yang spesifik, pada pengendapan organi selalu mempunyai berat molekul yang besar dan zat pengotor pada pengendap organi lebih sedikit dari pada anorganik. Analisis gravimetri adalah metode analisis kuantitatif untuk mengetahui kadar zat yang telah diketahui pengotornya dengan cara penimbangan. Hal-hal yang perlu dilakukan dalm analisis gravimetri adalah pengendapan, penguapan atau pengeringan, pengeringan dengan listrik dan cara-cara fisis yang lain.
Adapun beberapa tahap dalam analisa gravimetri adalah sebagai berikut :
  1. Memilih pelarut sampel
Pelarut yang dipilih harus sesuai sifatnya dengan sampel yang akan dilarutkan,misalnya : HCl, H2SO4, dan HNO3 digunakan untuk melarutkan sampel dari logam – logam.
  1. Pengendapan analit
Pengendapan analit dilakukan dengan memisahkan analit dari larutan yang mengandungnya dengan membuat kelarutan analit semakin kecil, dan pengendapan ini dilakukan dengan sempurna.
  1. Pengeringan endapan
Pengeringan yang dilakukan dengan panas yang disesuaikan dengan analitnya dan dilakukan dengan sempurna. Disini kita menentukan apakah analit dibuat dalam bentuk oksida atau biasa pada karbon dinamakan pengabuan.
  1. Menimbang endapan
Zat yang ditimbang haruslah memiliki rumus molekul yang jelas
Biasanya reagen R ditambahkan secara berlebih untuk menekan kelarutan endapan
(Day and Underwood, 2002)

Dalam menentukan keberhasilan metode gravimetri ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu :
  1. Proses pemisahan hendaknya cukup sempurna sehingga kuantitas analit yang tak terendapkan secara analitis tak dapat dideteksi (biasanya 0,1 mg atau kurang dalam menentukan penyusunan utama dalam suatu makro)
  2. Zat yang ditimbang hendaknya mempunyai susunan yang pasti dan hendaknya murni, atau sangat hampir murni. Bila tidak akan diperoleh hasil yang galat.

Persyaratan yang kedua itu lebih sukar dipenuhi oleh para analis. Galat-galat yang disebabkan faktor-faktor seperti kelarutan endapan umumnya dapat diminimumkan dan jarang menimbulkan galat yang signifikan. Masalahnya mendapatkan endapan murni dan dapat disaring itulah yang menjadi problema utama. Banyak penelitian telah dilakukan mengenai pembentukkan dan sifat-sifat endapan, dan diperoleh cukup banyak pengetahuan yang memungkinkan analis meminimumkan masalah kontaminasi endapan.
(Day and Underwood, 2002)

Dalam analisa gravimetri penentuan jumlah zat didasarkan pada penimbangan hasil reaksi setelah bahan yang dianalisa direaksikan. Hasil reaksi ini didapatkan sisa bahan suatu gas yang dibentuk dari bahan yang dianalisa. Dalam cara pengendapan, zat direaksikan dengan menjadi endapan dan ditimbang. Atas dasar membentuk endapan, maka gravimetrik dibedakan menjadi 2 macam, yaitu : endapan dibentuk dengan reaksi antara zat dengan suatu pereaksi dan endapan yang dibentuk dengan elektrokimia. Untuk memisahkan endapan dari larutan induk dan cairan pencuci, endapan dapat disaring. Endapan grevimetri yang disaring kertas tidak dapat dipisahkan kembali secara kuantitatif.
Reaksi :
CaCl2 + (NH4)2 C2O4 CaC2O4 + 2 (NH4)Cl

IV. ALAT DAN BAHAN
  1. Alat :
  1. Gelas arloji
  2. Gelas ukur 10 mL,25 mL
  3. Gelas beaker 500 mL,250 mL
  4. Pipet tetes
  5. Cawan crus
  6. Oven
  7. Neraca analitik
  8. Thermometer
  9. Tabung reaksi
  10. Batang pengaduk
  11. Pipet ukur 5 mL
  12. Desikator
  13. Pemanas listrik
  14. Krus tang
  15. Botol semprot
  1. Bahan:
  1. Sampel CaCl2
  2. Ammonium oksalat 4 %
  3. Ammonium oksalad 0,1 %
  4. HCl 1:1
  5. NH4OH 1:1
  6. Larutan AgNO3
  7. HNO3
  8. Indikator Mr
  9. Aquades

V. CARA KERJA
  1. Disiapkan gelas sinter,direndam gelas sinter dengan menggunakan HNO3 1 N selama 5 menit. Ditimbang beratnya
  2. Ditimbamg 0,2 gram sampel CaCl2, dilarutkan dengan 10 mL aqudes
  3. Ditambahkan 5 mL HCl 1:1 dipanaskan sampai larut dan dididihkan selama beberapa menit. Diencerkan sampai 200 mL dalam gelas beaker dan ditambah 2 tetes indikatorMr
  4. Dipanaskan larutan sampai mendidih dan ditambahkan perlahan-lahan 25 mL larutan ammonium oksalat 4 % yang telah dihangatkan terlebih dahulu.
  5. Pada larutan yang masih panas (80oC) diteteskan larutan NH4OH 1:1 beberapa tetes sampai larutan netral atau basa lemah.
  6. Disimpan larutan selama 1 jam sampai endapan turun.
  7. Setelah mengendap sempurna. Ditest dengan larutan NH4C2O4 1:1 beberapa tetes.
  8. Disaringendapan kemudian dicuci dengan larutan (NH4)2C2O4 0,1% yang dingin sampai filtrat bebas klorida. Diperiksa nitrat dengan penambahan nitrat encer 0,1 % dan beberapa tetes AgNO3 pada 3 mL lapisan sampai tidak terjadi endapan putih.
  9. Dikeringkan dalam tanur selama 1 jam, didinginkan dalam desikator 20 menit.
  10. Ditimbang endapan.
  11. Dihitung kadar Ca dalam sampel

  1. HASIL ANALISIS
  1. Data pengamatan
  1. Data penimbangan sampel
Berat arloji kosong : 35,7336 gram
Berat arloji kosong + isi :35,9338 gram
Berat arloji sisa : 35,7540 gram
Berat sampel : 0,1798gram
  1. Kebutuhan NH4OH 1:1 :5 mL
  2. Kebutuhan (NH4)2C2O4 0,1%: 100 mL
  3. Data penimbangan endapan
Berat krus kosong : 22,0887 gram
Penimbangan     
Berat crus kosong + isi
Berat endapan
1
22,1967 gram
0,1080 gram


  1. Perhitungan
BA Ca : 40,08 g/mol
BM CaCO3 : 100,06 g/mol
Berat sampel : 0,1798 g

Kadar Ca = BA CaBM CaC2O4 ×berat konstanberat sampel ×100 %
= 40,08 g/mol100,06 g/molo,1798 g ×100 %
= 24,05 %

  1. PEMBAHASAN
Analisa ini bertujuan untuk menentukan kadar Ca dalam sampel secara gravimetri. Adapun sampel yang ditimbang yaitu CaCl2.2H2O sebanyak 0,2 gram. Sampel tersebut kemudian dilarutkan dengan 10 mL aquaadest dalam beaker glass. Agar sampel dapat larut secara sempurna, pada larutan tersebut ditambahkan 5 mL HCl 1:1, dan dipanaskan hingga mendidih selama beberapa menit.
Agar penetapan kuantitas analit dalam metode gravimetri pengendapan mencapai hasil yang mendekati nilai sebenarnya, harus dipenuhi 2 kriteria :
  1. Proses pemisahan atau pengendapan analit dari komponen lainnya berlangsung sempurna. Pengendapan merupakan teknik yang paling luas penggunaannya. Hal terpenting dalam pengendapan suatu analit adalah kemurniannya dan kemudahan
  2. Endapan analit yang dihasilkan diketahui dengan tepat komposisinya dan memiliki tingkat kemurnian yang tinggi, tidak bercampur dengan pengotor.
Untuk syarat pertama, dapat dipenuhi melalu proses pembentukan endapan. Pembentukan endapan terjadi karena reaksi
CaCl2 + (NH4)2C2O4 CaC2O4 + 2(NH4)Cl
Terjadinya pengendapan yang sempurna selama 1 jam dapat ditandai dengan cara penambahan beberapa tetes Ammonium oksalat 4%. Jika tidak terjadi endapan lagi maka endapan dapat dikatan sempurna, namun jika masih terjadi pengendapan lagi larutan didiamkan kembali.
Untuk syarat kedua, dapat dipenuhi melalui pencucian endapan. Adapun tujuan dari pencucian endapan adalah untuk menyingkirkan kotoran yang teradsorpsi pada permukaan endapan maupun yang terbawa secara mekanis, sehingga di peroleh endapan murni. Endapan murni adalah endapan analit yang bersih, artinya tidak mengandung molekul-molekul lain (zat-zat lain yang biasanya disebut pengotor atau kontaminan).
Namun pada analisis kali ini, didapatkan kadar Ca sebagai CaCO3 sebesar 16,52% yang masih jauh dari referensi berat  sampel (CaCl2.2H2O) sebesar 27,27%. Hal ini disebabkan karena pada saat pencucian endapan terjadi kebocoran pada kertas saring whatman 42 yang digunakan. Kebocoran ini dapat berasal dari kertas saring yang sobek atau penataan kertas saring yang kurang rapi dan tidak menempel ada corong Buchner sehingga terdapat celah yang kemudian endapan ikut turun bersama larutan induk melalui celah tersebut.


  1. KESIMPULAN
Kadar Ca yang diperoleh dalam sampel sebanyak 24,05 %.

IX DAFTAR PUSTAKA
        
     
http://jakaoktasanovajaka.blogspot.com/2012/02/analisis-gravimetri.html
(diakses 8 Maret 2014)
http://punyaastrid.blogspot.com/2011/07/laporan-gravimetri.html
(diakses 8 Maret 2014)




2 komentar:

  1. minta ijin copas ya..
    buat bahan refrensi, menambah ilmu..
    terimakasih telah mengijinkan...

    BalasHapus
  2. Bagus, coba kunjungi ada penetapan Ca, Ni, Zn dan lainnya tentang kimia http://ilmukimiakaryaindrawan.blogspot.com

    BalasHapus